ANTARA KOPI DAN SUFI

syair tentang kopiANTARA KOPI DAN SUFI,- Qahwah atau kopi yang biasa diminum oleh orang-orang biasanya. Kopi merupakan minuman halal, mayoritas ulama tidak meragukan lagi tentang kehalalannya. Ternyata, Kopi memiliki berbagai manfaat terhadap jasmani manusia. Para kaum sufi sangat suka untuk meminum kopi, apalagi untuk menguatkan mereka ketika beribadah di tengah malam.

Menurut sejarah, biji kopi baru ditemukan pada akhir abad ke 8 H di Yaman oleh penemu kopi Mukha, Imam Abul Hasan Aliy Bin Umar Asy-Syadziliy. Kemudian minuman kaum sufi tersebut disebarkan di berbagai tempat oleh Al-habib Abu Bakar Alaydrus.

Banyak dari para ulama yang menyukai minuman ini. Sebagian mereka bahkan memujinya dengan bait - bait syair. Lahirnya syair-syair tersebut tak lain disebabkan karena kesukaan mereka kepada kopi. Bahkan Asy-syekh Hamzah bin Abdullah Annasyiriy Alyamani menggubah sekitar 80 bait syair mengenai manfaat kopi. Dan sebagian syair tentang kopi ini dinukil oleh beberapa perkataan ulama ahli makrifat ini, yaitu :


قهوة البنّ يا أهل الغرام ساعدتني على طرد المنام *
                و أعانتني بعون الله على طاعة الله و العالم نيام

قافها القوت و الهاء الهدى واوها الودّ و الهاء هيام *
               لا تلوموني على شربي لها إنّها شرب سادات كرام

“ Wahai orang-orang yang asyik dalam cinta kepada-NYA, kopi membantuku mengusir kantuk # Dengan pertolongan ALLAH, kopi menggiatkanku taat beribadah kepada-NYA"

Di kala orang-orang terlelap tidur, Qohwah (kopi) huruf Qaf nya adalah Quut (makanan) huruf Ha nya adalah Hudaa (petunjuk) huruf Wawu nya adalah Wud (cinta) dan huruf Ha nya lg adalah Hiyam (pengusir kantuk) # Janganlah kau mencelaku kerena aku meminumnya sebab kopi adalah minuman orang-orang mulia.”

Sebagian orang-orang sholeh juga menjunjung tinggi minuman kopi tersebut. Diantara mereka ada yang membaca Alfatihah sebelum meminumnya, seperti Alqutb Alhabib Abubakar Bin Abdullah Al atthas seorang waliyullah guru dari Alhabib Ali bin Muhammad Alhabsyi sohib maulid. Beliau ketika bangun di akhir malam setelah selesai sholat malam biasa meminum kopi yang dibuatnya sendiri. Beliau menuangkannya di dua gelas kecil kemudian membaca Alfatihah 3 kali:

Pertama dikhususkan kepada Rasulullah SAW dan Sayyidina Alfagih Muqodam  beserta anak keturunannya.
Kedua dikhususkan kepada penemu kopi tersebut Syekh Ali bin Umar Assyadzili dan Syekh Abu Hasan Assyadzili dan beberapa para wali lainnya.
Ketiga diniatkan untuk kebaikan perkara-perkara kaum muslimin dan agar hajat-hajat mereka dengan baik beserta para pemimpin mereka, serta hilang nya fitnah diantara kaum muslimin baik zohir maupun batin.

Diriwayatkan pada suatu malam Alhabib Hasan bin Sholeh Albahar bermimpi Nabi, dalam mimpi tersebut Alhabib hasan meminta kepada nabi :


يا رسول الله حدّثني حديثا بلا واسطة
“Wahai Rasulullah berilah aku hadits tanpa ada perantara (sanad)”

Rasulullah menjawab 3 hal diantaranya:


ما دامت القهوة في فمك إستغفرت لك الملائكة
“ Selama rasa kopi tersebut masih ada dimulutmu, para malaikat senantiasa beristighfar dan memintakan ampun untukmu”

Dan diantara manfaat meminum kopi adalah sebagaimana perkataan ulama yang dinukil oleh Alhabib Umar bin Segaf Assegaff dalam kitab nya:

أقول لمن ضاق بالهمّ صدره *
              و أصبح من كثر التشاغل في فكر

عليك بشرب الصالحين فإنّه *
             شراب طهور سامي الذكر و القدر
Aku katakan kepada orang yang hatinya gundah gulana # dan memiliki banyak pikiran dalam urusan nya

Hendaknya engkau meminum minuman orang-orang sholeh (kopi) sebab # minuman itu adalah minuman manusia suci yang tinggi penyebutan dan kedudukannya."

Allahu a'lam bish-showab

BACA JUGA :

Post a Comment

0 Comments